Showing posts with label Resep. Show all posts
Showing posts with label Resep. Show all posts

Maak, sering bingung ya buat cemilan untuk anak. Apalagi anak - anak kini suka nya yang aneh-aneh. jika kita dulu hanya puas dan sangat menikmati roti tawar yang diberi mentega dan gula pasir, tapi tidak buat anak-anak kita yang banyak orang menyebutnya anak zaman now.

Nah, kali ini Saya mau kasih resep piza super cepat dan ngga pakai lama. nggak perlu tepung atau menguleni tepung dan cukup membakarnya dengan teflon, jadi deh piza kilat ala umminya Adam.

Berikut bahan-bahan :

1. Tiga lembar roti tawar di potong dadu
2. Tiga potong sosis ayam iris tipis kemudian digoreng
3. Dua butir telur Ayam
4. Keju diparut
5. CAbe merah dan hijau di iris tipis untuk pemanis pandangan :-) :-) (jika ngga pakai cabe juga ngga apa-apa
6. Untuk olesan di atas saya pakai keju oles

Cara membuatnya :

Langkah-langkahnya :

- Campurkan roti, sosis, cabe  yang telah di iris serta satu butir telur ayam, aduk hingga merata, dan beri sedikit air.
- kocok satu butir telur ayam lagi di tempat terpisah.
- Panaskan teflon, beserta minyak goreng sedikit atau jika ada mentega lebih bagik lagi.
- masukkan adonan roto tadi lenyek - lenyekkan diatas teflon dan taburi dengan telur yg telah di kocok tadi.
- beri di atasnya parutan keju.
- Agar tambah menarik saya beri keju oles agar kejunya meleleh jadi seperti keju mozarella di pizza hut :-) :-)

masak beberapa menit hingga matang.
dan taaaaaaa
pizza kilat sudah selesai

intinya sih seperti buat telur dadar
hi hi hi





         Salam cinta penuh mesra




Idul adha telah berlalu beberapa hari. Pasti dong Bu Ibu masih menyimpan stok daging kurban. Karena tidak semua yang dimasak langsungkan?.
Pada hari raya kurban kali ini Alhamdulilah Saye  dapat kurang lebih 3 kilo daging Sapi. Satu kilonya dari panitia kurban dan  selebihnya adalah jatah Ayah sebagai peserta kurban. Awalnya memang sudah niat mau kasih ke tetangga dan si Mbak yang bekerja di rumah kami. Tapi saya pikir, semuanya juga sudah dapat jatah daging segar, pasti neg jika dimakan bersamaan, ya udah nanti aja pas daging selesai dimasak baru saya berikan.
Dua kantong daging yang dibawa Anak saye dari panitia kurban, malam itu juga saye cuci bersih dan besoknya baru di eksekusi.


Nah, sekarang masanya eksekusi. Daging Sapi segar saya potong tipis – tipis kemudian, saye beri bumbu :
-          Ketumbar bubuk
-          Dua tungkul bawang putih
-          Jahe
-          Lengkus.
-          Garam secukupnya
-          Semua bahan digiling halus.

Setelah bumbu halus, daging yang telah dipotong tadi dicampurkan dengan bumbu halus hingga merata, masukkan kewajan lalu rebus dengan api sedang agar daging empuk.

                Daging yang sudah direbus tadi, kan sudah empuk tuh jadi bisa di olah dengan berbagai menu masakkan, kalau saya sih empat aja dulu dahh. oh iya bisa disimpan buat stok dikulkas


Pertama : Dendeng Batokok


Ha ha, kok namanya dendeng batokok sih, sebagai keturunan Minang, tahu dong dendeng batokok. Kalau daging yang dimasak dengan santan dinamai kalio maupun Randang, sementara daging sapi yang digoreng dinamai Dendeng. Lho lho lho kok ditambahin batokok. Batokok maksudnya diketok atau di tumbuk lagi. Jadi Daging yang sudah direbus lalu digoreng kemudian di tokok atau di ketuk maka dinamailah dendeng batokok.

Nah, tadi kan saye dah punya stok daging yang telah direbus. Tinggal ambil dalam kulkas goreng, trus di tokok dan dikasih cabe meraah. oh iyaa untyk dendeng batokok biasanya cabe merah yg digunakan untuk sambalnya hanya digiling kasar yaa.

Kedua : Sop Daging


Kali ini saya tidak dapat jatah tulang, namun dengan begitu tetap bisa lho buat sop daging. Dengan stok daging yang udah direbus diawal, karena sudah empuk, saye hanya perlu waktu 30 menit buat memasang sop daging. Praktis kan ??

Ketiga : Beef Steak Saos Terayaki


Ini permintaannya anak gadis yang minta dibuatkan beef steak. penasaran dengan resepnya lihat disini yaa

Keempat : Roti Ingris


wkwkwk .. mengapa dinamai roti Ingris ?? ini banyolan saya ke Adam. 
pas nawarin dia makan, emaknya bilang :
 " Dam, Ummi ada bikin sesuai tu tuh, Adam mau ??"
" Bikin apa Mi "?
"Roti Ingris" kata saya
"mau mau mau"

ntar kalau saya bilangin dari daging pasti tu anak kagak mau, setelah dimakan, besok paginya pas emaknya lagi baca Yasin, 
Adam datang sambil bilang :
"Ummi, ayook lah bikin roti ingris lagi"

wkwkwkwkwk

untuk resep menyusul yaa






Tekwan adalah kuliner khas Palembang yang paling dicari setelah empek-empek Palembang. Makanan yang terdiri dari campuran ikan dan tepung tapioka dengan bulatan kecil-kecil menyerupai bakso, dipadu dengan soun, irisan bengkoang dan jamur kuping juga udang, dengan aroma yang menggugah selera.  Saya adalah penggemar empek-empek Palembang apalagi tekwan. Kalau lagi musim hujan, makan-makanan berkuah bening seperti tekwan, bakso dll adalah hal yang paling diminati, karena  membuat perut terasa hangat.
                Jadi ceritanya, ownernya Kreasi Dapoer Mimih, open order 100 slot untuk pemesanan –2 H lebaran untuk bakso kriwil sebagai bahan utama membuat Tekwan. Karena saya pengemar tekwan, jadi kepengen dong, buat sendiri Tekwan. Lebarankan selalu identik dengan santan, maka masak yang bening-bening pasti banyak suka. Saya juga ikutan order bakso kriwil, yang bikin horee itu  diantar alamat pula sama ownernya bunda mimih -2 H lebaran.
                Karena perut udah neg dengan yang santan. Lebaran hari ketiga, bakso kriwil saya eksekusi. Oh iya, karena bengkoang nggak ketemu, saya gunakan stok yang ada di kulkas dengan penambahan jamur kupingn dan brokoli.


Berikut resep tekwan Bakso Kriwil ala Ummi Hafizah
Untuk ¼ kg bakso kriwil saya gunakan
1.      4 siung bawang merah (digiling halus)
2.       3 siung bawang putih (digiling halus)
3.       Segenggam udang basah , (digiling halus) (kalau tidak ada udang bisa diganti dengan ebbi)
4.       Jamur kuping, brokoli, daun sop dan bawang goreng

Cara membuat :

Pertama : tumis bawang putih, dan bawang merah yang sudah digiling halus, setelah tercium aroma bawangnya, masukkan udang yang telah di giling tadi. Setelah menyatu bawang dan udang, masukkan air (saya kira-kira saja sesuai keinginan untuk 5 porsi). Lalu masukkam bumbu halus (khusus bumbu tekwan).
Kedua : setelah mendidih, masukkan bakso kriwil juga bahan pelengkap lainnya. Tunggu beberapa menit, lalu matikan api. Tekwanpun siap dihidangkan.

                
Ternyata, bikin tekwan nggak serumit yang dibayangkan yaa .. mudah kok, apalagi bakso kriwil juga udah tersedia, jadi kita tinggal tambahin pelengkapnya saja, seperti bengkoang dan kawan-kawannya. Oh iya, satu lagi mengapa saya belinya sama bunda mimih, karena udah ada label halal dari MUI nya lho, jadi kita nggak perlu kuatir lagi. Kemudan tekstur baksonya juga kenyal dan lembut, itu menandalan baksi ikan kriwil tidak pakai pengeras atau bahan kimia lainnya. Dan khas ikan tenggirinya begitu terasa dilidah. Jadi tekwannya nendang abiss dahh …

                Selain untuk tekwan bakso kriwil juga bisa sebagai pelengkan masakan lainnya, untuk campuran mie instans juga sedaaapp. 



Oh iyaa, kalau mau order bisa hubungi ownernya langsung bunda mimih dan untuk wilayah Tanjungpinang tersedia di swalayan Al Baik Km. 8 Tanjungpinang.

Saat belanja kepasar tradisional, tempat penting yang paling dituju adalah pasar ikan (lapak ikan). Karena walaupun saya garis keturunan Minang, namun lahir dan besar di daerah Kepulauan, menu  harian tak jauh dari ikan. Sepertinya lidah lebih berdamai makan ikan dari pada ayam dan daging sapi. Saat itu mata melihat seonggok ikan kerapu segar dan harga sekilonya  hanya duapuluh ribu rupiah, tak perlu pikir panjang, langsung saya beli sekilo dan dapat tiga ekor ikan kerapu besar.
                Pulang dari pasar, ikan kerapu langsung di eksekusi, niat saya mau masak Ikan kerapu goreng pedas manis. Eeehh, tapi tunggu dulu. Sebelum kita curcol soal resep, yuk kita simak dulu khaisiat ikan kerapu ini. Seperti yang dilansir dari situs khasiat.co.id menjelaskan ada 7 manfaat ikan kerapu :
Pertama :  Lemak Ikan Kerapu dapat meningkatkan fungsi otak hingga maksimal sehingga kecerdasan meningkat.
Penjelasannya, Asam Amino Esensial dari Omega 3 dan Omega 6 bermanfaat untuk meningakatkan aktivitas syarat otak sehingga otak mengalami peningkatan kecerdasan.

Kedua : DHA + EPA Berperan menurunkan kadar Trigliserida dalam Darah.
DHA + EPA adalah dua zat ajaib yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Trigliserida adalah lemak yang diproduksi tubuh karena adanya akumulasi glukosa dalam aliran darah. Jika berlebihan lemak ini akan menempel di dinding pembuluh darah. Maka Trigliserida jug adapat membuat seseorang menajadi bugar bila jumlahnya normal.

Ketiga, Menghindari Resiko Penyakit Kardiovaskuler.
Kardiovaskuler adalah penyakit jantung. Siapaun berisiko mengalami penyakit ini. Dengan makan ikan kerapu, dapat terhindar dari resiko penyakit jantung.

Keempat, Mengurangi resiko keracunan pada pasien pasca operasi.
 Operasi yang dimaksudkan disini adalah operasi besar yang memerlukan pembedahan sehingga harus dibius.

Kelima, Mengurangi Kadar Kolestrol (Lemak Jahat LDL)

Keenam, Mengurangi Depresi

Ketujuh, Mengurangi Rasa nyeri karena Angina Pectoris
Angina Pectoris adalah penyakit yang menyerang dada dengan keluhan rasa nyeri. Angina disebabkan adanya gangguna pada jantyung dan paru namun bisa juga karena naiknya asam lambung.

Yuuk Simak resep ikan kerapu goreng pedas manis :
Setelah ikan dicuci bersih, ikan diberu garam dan jeruk nipis (guna mengurangi bau amis pada ikan.
Panaskan minyak lalu ikan digoreng seperti biasa.
Untuk saos pedas manisnya.
Iris bawang bombay dan tumis, lalu masukkan cabe yang sudah digiling, tumis cabe lalu masukkan saos tomat agar. Tambahkan air sidik dan garam secukupnya.
Susun daun selada dalam piring besar sebagai hiasan.

Taarraaa… jadilah ikan keparu pedas manis, karena cabenya terasa pedas, jadi menu ini cocok buat anak-anak yang kurang suka pedas di tambah pulang dengan danging ikannya  berwarna putih dan gurih, di jamin anak – anak  bakal ketagihan

Tulisan ini diikut sertakan dalam program onedayonepostingan Blogger Muslimah Indonesia
#ODOPOKT6