STTB Bandung Mencetak Generasi Unggul Yang Siap Berinovasi

by - 07:36


Dalam era digitalisasi, inovasi tiada henti akan melahirkan SDM unggul yang siap berinovasi.

Begitu yang saya tangkap dari orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Ing Ilham Akbar Habibie MBA pada wisuda ke XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. 
Sabtu lalu saya berkesempatan meliput acara wisuda STTB Bantung ke XIV secara online yang disiarkan livestreaming instagram STTB Bandung. 

Bertempat di Haris Hotel dan  Convention Hall Bandung  sebanyak 209 wisudawan resmi dilantik. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu waijb Indonesia Raya, mengheningkan cipta dan mars STTB Bandung oleh paduan suara. Kemudian penyampian kata sambutan oleh Ketua STTB Bandung Bapak  Muchammad Naseer, S.Kom., M.T disusul sabutan oleh ketua yayasan Bapak  Dr. Dadang Hermawan.

Sekilas Profil STTB Bandung


Sekolah Tiinggi Teknologi Bandung atau disingkat STTB/STT Bandung resmi berdiri pada tanggal 05 Oktober 1991, dengan Nomor SK Dirjen DIKTI No: 197/DIKTI/Kep/1992. Beralamat di jalan Kartini No 10 dan membuka program S1 jurusan Teknik Indusri. 

Setelah 28 tahun STTB Bandung berdiri telah menambah dua jurusan yaitu Teknik Informatika dan jurusan desain komunikasi visual. Lulusan STTB Bandung diharapkan dapat diserap oleh berbagai perusahaan, industri maupun wirausaha. 

Visi Sekolah Tinggi Teknologi Bandung adalah menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing dan unggul secara nasional pada tahun 2020.  Dan misi STTB Bandung antara lain adalah 

1. Menyelenggarakan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara efesien, terpadu, tepat waktu dan berkesinambungan.
2. Menyelenggarakan pendidikan  dengan keunggulan mutu yang diselaraskan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Adaptif terhadap tantangan sosial.
3. Mengupayakan terobosan dan inovatif dalam mencari teknologi tepat guna yang memberi manfaat bagi pembangunan berwawasan lingkungan.
4. Berpartisipasi aktif dalam kajian teknologi tepat guna bagi industri sedang dan menengah.

Wisuda XIV STT Bandung


Wisudah STTB Bandung ke XIV bertempat di Haris hotel dan Convention Hall Bandung, sebanyak 209 wisudawan dilantik dan yang menjadi wisuda terbaik adalah 
SKRIPSI TERBAIK TI :
MAHASISWA : VIRGIAWAN CANDRA BHAKTI, S.T
JUDUL : Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri

MAHASISWA : INDRA RUKMANA, S.T
JUDUL : OPTIMASI PRODUKSI DYEING FINISHING DENGAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING

MAHASISWA : ZAENAL UYUN, S.T
JUDUL : PERBAIKAN PRODUK MEJA BELAJAR LIPAT MULTIFUNGSI ERGONOMIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN SEMANGAT BELAJAR MENGGUNAKAN METODE KANSEI Engineering

WISUDAWAN TERBAIK TI
MAHASISWA : DHEYU LAKSMI WULANDARI, S.T

SKRIPSI TERBAIK TIF :
MAHASISWA : DERI HERMAWAN, S.KOM
JUDUL : APLIKASI 3D VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA BANTU TERAPI ACROPHOBIA BERBASIS ANDROID

MAHASISWA : REGINA SUKMA CITRA, S.KOM
JUDUL : KLASIFIKASI UJARAN KEBENCIAN DEBGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFICATION DI SOSIAL MEDIA FACEBOOK BERBASIS WEB

MAHASISWA : YASTI AISYAH PRIMIANJANI, S.KOM
JUDUL : RANCANG BANGUN SISTEM PEMUTUS ALIRAN LISTRIK KWH METER PASCABAYAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER

WISUDAWAN TERBAIK TIF

MAHASISWA : MUHAMMAD RIZAL MUTAQIN, S.KOM

SKRIPSI TERBAIK DKV

1. Andri Setiawan, S.Ds – Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah
2. Bagus Arya Suseno, S.Ds – Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung
3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds – Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung

WISUDAWAN TERBAIK DKV
Tiffani Zeta D, S.ds


Selaku keynote speaker menyampaikan orasi ilmiah dalam pada acara wisuda ke XIV STTB Bandung adalah Bapak Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, M.B.A Putra Alm BJ. Habibie dengan yang akan memaparkan mengenai "Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0." 

Menurut beliau generasi milenial hendaknya terus menciptakan inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi yang amat pesat ini. Motivasi yang beliau sampaikan terdengar teduh namun mengena untuk membakar semangat para wisudawan yang dilantik. 

Dengan kata lain, inovasi menghubungkan teknologi dengan kewirausahawan. Maka jangan takut menjadi pengusaha, asal dapat terus berinovasi kesuksesan pun dapat diraih. 

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU dengan Mitra STT Bandung :
PT. Dirgantara Indonesia
Jasa marga
Biofarma
Acara ditutup dengan doa dan ditutup kembali oleh Ketua STT Bandung, tampak juga para orang tua yang dengan haru menyaksikan anak kesayangannya meraih gelar dan mengikuti acara wisuda ini.
Selamat bagi para wisudawan XIV STT Bandung, semoga sukses dalam meniti karir dan sukses menjadi generasi muda unggul kebanggaan Indonesia.


You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya