Mata Kering Karena Computer Vision Syndrome, Insto Dry Eyes Solusinya. Bye Mata Kering

by - 00:58


Bye bye mata kering ... Sejak pertengahan tahun 2017  Saya mulai fokus dalami internet marketing sebagai seorang blogger, buzzer, ghostwriter dan copywriter. Istimewanya pekerjaan Saya tidak terikat oleh waktu, sehingga saya bisa kapan saja membuka laptop. Apalagi jika ada job review, event, dikejar deadline atau mengawal workshop blogging secera online, hal ini membuat saya lupa akan waktu. Saya bisanya  buka laptop di malam hari saat seluruh anggota keluarga terlelap, bahkan juga bisa sampai pagi. Untuk job buzzer atau copywriting biasanya saya lebih senang menggunakan  gadget, sebab lebih flakesibel bisa dikerjakan kapan saja. Kedengarannyaa sih enak ya, cuma goyang – goyang kaki, pundi-pundi rupiah mengalir kerekening.  Padahal mah, kaki memang goyang-goyang doang, tapi otak juga bekerja. 
   
Satu lagi yang nggak ngenakin ya itu, karena hari-hari Saya tidak lepas dari laptop dan gadget  (menatap layar laptop dan gadget lebih dari 6 jam) dan hal itu yang bikin mata saya lelah, perih dan sepet. Jika dibiarkan lama-lama tentu akan menimbulkan bahaya yaitu terjadi pembengkakan bahkan kebutaan. Apalagi mata merupakan  panca indera, mata adalah jendela dunia tentunya mesti dijaga dan dirawat.  Karena mata mulai terasa perih, sepet, lelah, pegel saya googling deh buat cari tahu gejalanya. Mata terasa perih, mata lelah, mata pegal dan mata sepet adalah gejala dari mata kering
            
Penyakit mata kering adalah kondisi saat mata tidak mendapat pelumasan yang memadai dari air mata. Kondisi ini membuat mata tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata. Akibatnya mata terasa sangat tidak nyaman. Dalam istilah kedokteran  nama lain dari penyakit mata kering adalah keratoconjunctivitis sicca atau syndrome mata kering. Syndrome mata kering biasanya terjadi pada orang berusia 30-an dimana usia bertambah dan produksi air mata mulai berkurang, gejalanya adalah:



1. Mata SEPET 

Namanya juga emak-emak melenial selalu up to date, gadgets tak lepas dari genggaman. Apasaja dijabani mulai dari buzzer, copywriter, marketer bahkan ngeliput seminar secara online melalui insta story semua dikerjakan, dan ngeksis di media sosial demi personal branding. Lama - lama menatap layar gadgets buat mata ini jadi sepet. 
   
2. Mata PEGEL 

Jika sedang mengerjakan job review atau membimbing peserta kelas blogging saya lebih sering menggunakan laptop. Nah, mata pegel terjadi akibat seringnya interaksi mata terhadap penggunaan barang elektronik yang menumbulkan cahaya seperti penggunaan komputer/laptop, menonton televisi yang terus menerus karena pancaran sinar white light dan tanpa kedipan mata.

3. Mata PERIH  adalah dimana mata terasa terbakar, mata merah, mata terasa panas, mata berpasir dan kering, sensitive terhadap sinar matahari, mata terasa cepat lelah juga terdapat lender  didalam atau disekitar mata dan susah membuka kelopak mata ketika bangun tidur. Mata perih diakibatkan debu. asap kenderaan dan lainnya

Jika dilihat dari ketiga gejala diatas seperti aktivitas rutin yang saya lakukan akibat penggunaan perangkat elektronik dengan jangka waktu yang lama, maka kondisi itu dinamai gejala mata pegel, sepet dari gejala mata kering. Sementara menurut dokter Nurwany, SpM. Dokter Spesialis Mata RS Meilia Cibubur dalam kanal konsultasi pada situs republika.co.id, menjelaskan bahwa menatap layar monitor dalam waktu yang lama akan menimbulkan sekumpulan gejala yang disebut computer vision syndrome (CVS). Gejala yang sering dikeluhkan adalah kelelahan mata, sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering, nyeri di leher dan bahu. 

Tuh kan, karena sering berlama-lama depan laptop bikin mata kering, lelah dan pandangan jadi silau. Tapi ada bebepa cara yang saya lakukan untuk mencegah dan mengurangi computer vison syndrome ini :

  • Pertama, letakkan layar monitor/laptop 15 – 20 derajat di bawah mata
  • Kedua, gunakan bangku yang nyaman untuk tubuh
  • Ketiga, arahkan pandangan ke arah lain selama 20 detik, setelah 20 menit menatap layar monitor.
  • Keempat, gunakan pelembab mata atau obat tetes mata

Nah, dipoin keempat ini saya menggunakan pelembab mata atau obat tetes mata. Pelembab mata merupakan larutan steril khusus untuk terapi atau pengobatan pada mata dan larutan tetes mata ini mestilah jernih. Maka Saya menggunakan Insto Dry Eyes. 


Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan mata mata dan dapat digunakan sebagai pelumas mata. Pada kotak kemasan instro dry eyes dijelaskan indikasi :

Digunakan untuk memberi efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata juga sebagai pelumas pada mata palsu

Karena insto dry eyes adalah obat keras mata hanya digunakan untuk bagian luar tubuh. Simpan pada suhu kamar kurang dari 30 derajat celcius dengan aturan pakai 1 –2 tetes pada setiap mata 3 kali sehari. Dalam kemasan insto dry eyes berisi 7,5 ml  larutan isotinik steril mengandung : hydroxypropyl meltylcellulose 3,0 mg dan benzalkonium chloride 0,1 mg. Hydroxypropyl cairan pelumas yang digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan pada mata. Sedangkan benzalkonium chloride digunakan untuk mengatasi gangguan ringan pada mata. Benzalkonium chloride bekerja untuk menghentikan pertumbuhan bakteri, virus yang dapat membahayakan tubuh.

Sebab tahu gejala dan bahaya dari mata kering, saya pun memakai insto dry eyes sebagai pelembab mata. Insto dry eyes saya teteskan kedalam mata dan taraaaaaa bikin mata saya jadi sejuk dan segar.
Oh iya harga untuk satu kotak kemasan insto dry eyes 7,5 ml Rp. 16.500,- dan  bisa didapatkan di apotik terdekat. :-) ;-)

Eh iya, Satu lagi, sebagai catatan penting :

Batas waktu pemakaian obat tetes mata adalah satu bulan setelah dibuka, jangan digunakan bila larutan berubah warna atau keruh.
Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting, semua itu juga mesti diimbangi dengan rutin berolah raga,banyak minum air putih juga mengkonsumsi makanan yang sehat.

Bye bye mata keriing



You May Also Like

15 komentar

  1. Tulisan yang sangat menarik. Salam kenal dan sukses selalu ya

    ReplyDelete
  2. Mata kering ini gak bisa dianggap enteng ya. Kalau aku biasanya pas nyetir nih Uni AC nyembur dan mata keasikan melek saking perlu fokusnya. Musti sedia insto dry eyes kayanya.

    ReplyDelete
  3. Memang menjaga kesehatan mata penting ya mbak,
    Dan setuju, mesti diimbangi dengan rutin berolah raga,banyak minum air putih juga mengkonsumsi makanan yang sehat.
    Dan jika mata enggak nyaman karena terasa perih, sepet dan pegel, tetesi Insto Dry Eyes saja...nyaman lagi deh ya. Memang andalan Insto Dry Eyes ini!

    ReplyDelete
  4. Setuju, apalagi pandangan memang nomer satu. Harus sehat selalu.

    ReplyDelete
  5. Bagaimana ya caranya membuat artikel kayak gini? Rapi, berisi dan informatif tapi tidak membosankan.

    ReplyDelete
  6. Saya juga pernah mengalami mata sepet, mata pegel, mata perih. Salah satunya lamanya didepan layar computer atau lama membaca. Langka pertama saya pakai Insto Dry Eyes juga.
    Terima kasih Kak Rahayu Asda atas share tips untuk mencegah dan mengurangi computer vison syndrome.

    ReplyDelete
  7. Wajib sedia di rumah ini insto dry eyes, secara di rumah gadgetholic banget, khawatir mata sakit lumayan berkurang hehehe

    ReplyDelete
  8. Mata kering memang jadi masalah serius ya Mbak. Kalo terlalu lama dibiatkan akan jadi fatal akibatnya.

    ReplyDelete
  9. Jadi, obat tetes mata hanya bisa digunakan sebulan setelah kemasan dibuka. Oke noted. Selama ini belum berani pake obat tetes mata. Suka takut mau netesin ke mata. Padahal mah nggak papa juga. Hehehe

    ReplyDelete
  10. mata kering, duuh bikin ga nyaman padahal kerjaan menanti. Hampir seharian didepan komputer, memang sepertinya butuh insto ya mba.

    ReplyDelete
  11. Uni.... wah makin produktif aja nih. Semoga sehat selalu ya Uni.. matanya bebas iritasi danpegel-pegel biar bisa makin cetar kariernya. Amiinnn

    ReplyDelete
  12. Bener bangeet, mata kerasa segernya waktu diberi tetesan Insto Dy Eyes. Insto memang bisa diandalkan untuk mengatasi mata kering ya...

    ReplyDelete
  13. Aku baru ngeh kalo ada expired-nya saat udah dibuka, Mbak. Biasanya aku sampai habis aja. Apalagi waktu masih kuliah dulu, hadehh. Semoga aja, nggak ada efek sampingnya, ya

    ReplyDelete
  14. Noted kalimat terakhir. Jadi paling lama 1 bulan sejak dibuka ya mbak? Saya masih punya tetes mata lain yang kayaknya udah lebih dari 1 bulan deh. Makasih ya, sudah diingatkan

    ReplyDelete
  15. Wah, baru tahu nih nama latinnya sindrom mata kering. Jadi informasi baru buat dunia kesehatan mata, ya. Segala sesuatu di dunia ini memang mesti seimbang ya, Uni. Berani kerja keras menggunakan indra penglihatan, sudah tentu harus berkomitmen juga menjaga kesehatannya. Saat mata mulai terasa kering, cuzz tetesi saja dengan Insto Dry Eyes.

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya