5 Cara Mengitung Usia Kehamilan Berdasarkan Ajaran Islam

by - 15:21


Kehamilan adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Allah SWT  maka sepatutnya kita harus menjaganya dengan baik.Selain kita harus memakan makanan yang bergizi. Kita juga wajib untuk mengetahui usia janin di  dalam perut kita. Agar  kita dapat memprediksi kapan janin akan lahir.  Ada berbagai cara dalam menghitung usia kehamiland alam islam. Cara  menghitung usia kehamilan tersebut juga sudah mengikuti zaman  yang ada. Anda juga tak perlu cemas apakah Islam sudah mengkajinya. Hal ini dikarenakan Al-Quran pun sudah memaparkan penjelasan mengenai janin terbentuk.  Dengan bentuk Hadist akan memperkuat bagaimana cara menghitung usia kehamilan berdasarkan ajaran Islam.  Untuk lebih Jelasnya lagi berikut beberapa referensi menghitung usia kehamilan menurut Islam.

1. Mengukur Puncak Rahim (Tinggi Fundus)

Cara pertama ini mungkin terlihat kurang meyakinkan namun islam sudah menjelaskan bahwa hal ini juga bisa dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan. Sebelum ada kecanggihan teknologi, mengukur dengan cara ini banyak dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Cara yang dilakukan bisa dengan  3 cara pengukuran:

a. Mengukur Dengan Jari Tangan

Anda bisa mengetahui usia kehamilan dengan jari tangan anda dari puncak rahim hingga tulang kemaluan. Coba Anda ukur berapa jarak puncak rahim dari tulang kemaluan. Taruh dulu dua jari tangan Anda. Jika masih kurang tambahkan lagi. Lakukan seterusnya hingga mencapai tinggi yang pas dari puncak rahim hingga tulang kemaluan. Jika Anda ukur setinggi ukuran 4 jari tangan. Maka Anda sudah memasuki usia 4 minggu.

b. Mengukur dengan alat Meteran

Alat meteran yang digunakan adalah yang biasanya digunakan tukang jahit. Anda bisa menggunakannya untuk mengukur puncak rahim hingga tulang kemaluan. Caranya coba dari garis dari 0 cm di tulang kemaluan. Kemudian Tarik hingga puncak rahim. Jika setelah Anda ukur jaraknya kurang lebih 24 cm maka Anda sudah memasuki usia kehamilan 7 bulan. Kemudian coba Anda ukur terus. Jika semakin bertambah, misalnya bertambah 2 cm menjadi 26 cm maka Anda sudah memasuki usia 8 bulan.

2. Melihat Bagimana Janin Terbentuk

Dalam Islam sudah dijelaskan mengenai pembentukan janin di dalam kandungan. Misalnya di usia kehamilan berapa telinga akan terbentuk dan sebagainya. Maka cara ini bisa Anda ketahui untuk mengetahui usia kehamilan Anda. Pada usia kehamilan memasuki harike 56 misalnya, jari, mata dan kemudian telinga sedikit terbentuk. Lalu kepala juga sudah mulai membentuk agak sempurna. Kemudian telinga akan sempurna terbentuk pada usia kehamilan memasuki minggu ke 10 atau 11. Kemudian bulan ke 4 akan mulai terlihat alat kelamin janin, maka tak heran jika Anda sudha bisa mengetahui jenis kelamin janin Anda di bulan ini. Kemudian memasuki minggu ke 22 alis, kelopak mata dan bulu mata janin Anda akan mulai terbentuk sempurna.

3. Dengan USG

Mengetahui usia kehamilann dengan cara yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Jika Anda tak mau repot-repot melakukannya sendiri yaitu dengan alat USG. Islam tidak pernah melarang kita untuk menggunakan alat yang modern jika hal tersebut bermanfaat dan tidak melenceng dalam ajaran Islam. Pergilah kerumah bersalin untuk memeriksakan usia kehamilan Anda dengan USG. Selaindokterakanmemberitahuberapausiakehamilananda. Anda juga ikut mengetahui bagaimana kondisi janin Anda di dalam. Dari mulai mendengar detak jantungnya hingga melihat bagaimana posisi janin Anda sekarang.

You May Also Like

14 komentar

  1. Waah baru tahu beberapa cara yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan. mengukur tinggi fundus dsb itu.

    selama ini apa apa gimana dokter.. hehe

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalau bisa dihitung dengan alat ukur. Dulu dokter yang menghitungkan. Terima kasih, Uni. Jadi tambah pengetahuannya..

    ReplyDelete
  3. Baru tau kalo menghitung usia kehamilan dgn mengukur tinggi fundus, biasanya Saya memghitung dari HPHT (Hari pertama haid Terakhir) atau via USG

    ReplyDelete
  4. Waah...saya waktu hamil anak pertama rasanya pernah deh diperiksa dg mengukur perut...hihihi...ketauan tuanya ya..hahaha.
    Malah baru tau ada cara seperti itu. Makasih sharenya.

    ReplyDelete
  5. Bidan di desa biasa nih pakai jari, tapi saya tidak mengerti & tidak pernah tanya bagaimana hitung-hitungannya. Terima kasih ilmunya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Klu saya gk ngeh paling apa kt dokter. Tapi seenggaknya hbs baca artikel ini jd ngeh deh... Meski udh gk brencana hamil lgi buat pengetahuan aja. Thx yab infonya. .

    ReplyDelete
  7. Masya Allah mba, baru tahu kalau dalam Islam pun ada cara untuk menghitung usia kehamilan. Memang nyata bahwa Islam memberikan segala macam aturan dan informasi tentang segala aspek kehidupan makhluk hidup . Terima kasih sharingnya uni 😊

    ReplyDelete
  8. Mengetahui usia kehamilan memang penting ya, orang tua jadi paham perkembangan janin dan apa saja yang dibutuhkan oleh janin.

    ReplyDelete
  9. Jujur nih, aku baru tau cara hitung usia kehamilan cara Islam ini. Selama ini cuman USG aja. Thx infonya ya mbak.

    ReplyDelete
  10. Valid gak ya mbak kalau pakai tangan gitu ngikutnya? Hehe... Tapi makasih banget udah share. Meskipun di bidang pernah dihitung pakai meteran. Tapi baru tahu sekarang hitung2annnya hehe

    ReplyDelete
  11. Saya baru tau dong, Masya Allah ilmu banget ini. Makasih mba ayu nanti pas saya hamil mau saya praktekan hihi.

    ReplyDelete
  12. Wah saya baru tahu uni cara ini. Makasih ya info dan sharingnya.

    ReplyDelete
  13. Wah saya baru tahu uni cara ini. Makasih ya info dan sharingnya.

    ReplyDelete
  14. Eeh bisa diukur pake jari tangan sama meteran segala rupanya. Baru tahu saya. Coba baca ini pas masih hamil ya, soalnya hamil kemarin saya lupa tanggal mens terakhir. Pasti berguna menghitung usia kehamilan ini. Ga apa deh, bisa kasih tau orang lain juga kan. Makasih infonya uni...

    ReplyDelete