RESEP IKAN KERAPU GORENG PEDAS MANIS

by - 19:02

Saat belanja kepasar tradisional, tempat penting yang paling dituju adalah pasar ikan (lapak ikan). Karena walaupun saya garis keturunan Minang, namun lahir dan besar di daerah Kepulauan, menu  harian tak jauh dari ikan. Sepertinya lidah lebih berdamai makan ikan dari pada ayam dan daging sapi. Saat itu mata melihat seonggok ikan kerapu segar dan harga sekilonya  hanya duapuluh ribu rupiah, tak perlu pikir panjang, langsung saya beli sekilo dan dapat tiga ekor ikan kerapu besar.
                Pulang dari pasar, ikan kerapu langsung di eksekusi, niat saya mau masak Ikan kerapu goreng pedas manis. Eeehh, tapi tunggu dulu. Sebelum kita curcol soal resep, yuk kita simak dulu khaisiat ikan kerapu ini. Seperti yang dilansir dari situs khasiat.co.id menjelaskan ada 7 manfaat ikan kerapu :
Pertama :  Lemak Ikan Kerapu dapat meningkatkan fungsi otak hingga maksimal sehingga kecerdasan meningkat.
Penjelasannya, Asam Amino Esensial dari Omega 3 dan Omega 6 bermanfaat untuk meningakatkan aktivitas syarat otak sehingga otak mengalami peningkatan kecerdasan.

Kedua : DHA + EPA Berperan menurunkan kadar Trigliserida dalam Darah.
DHA + EPA adalah dua zat ajaib yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Trigliserida adalah lemak yang diproduksi tubuh karena adanya akumulasi glukosa dalam aliran darah. Jika berlebihan lemak ini akan menempel di dinding pembuluh darah. Maka Trigliserida jug adapat membuat seseorang menajadi bugar bila jumlahnya normal.

Ketiga, Menghindari Resiko Penyakit Kardiovaskuler.
Kardiovaskuler adalah penyakit jantung. Siapaun berisiko mengalami penyakit ini. Dengan makan ikan kerapu, dapat terhindar dari resiko penyakit jantung.

Keempat, Mengurangi resiko keracunan pada pasien pasca operasi.
 Operasi yang dimaksudkan disini adalah operasi besar yang memerlukan pembedahan sehingga harus dibius.

Kelima, Mengurangi Kadar Kolestrol (Lemak Jahat LDL)

Keenam, Mengurangi Depresi

Ketujuh, Mengurangi Rasa nyeri karena Angina Pectoris
Angina Pectoris adalah penyakit yang menyerang dada dengan keluhan rasa nyeri. Angina disebabkan adanya gangguna pada jantyung dan paru namun bisa juga karena naiknya asam lambung.

Yuuk Simak resep ikan kerapu goreng pedas manis :
Setelah ikan dicuci bersih, ikan diberu garam dan jeruk nipis (guna mengurangi bau amis pada ikan.
Panaskan minyak lalu ikan digoreng seperti biasa.
Untuk saos pedas manisnya.
Iris bawang bombay dan tumis, lalu masukkan cabe yang sudah digiling, tumis cabe lalu masukkan saos tomat agar. Tambahkan air sidik dan garam secukupnya.
Susun daun selada dalam piring besar sebagai hiasan.

Taarraaa… jadilah ikan keparu pedas manis, karena cabenya terasa pedas, jadi menu ini cocok buat anak-anak yang kurang suka pedas di tambah pulang dengan danging ikannya  berwarna putih dan gurih, di jamin anak – anak  bakal ketagihan

Tulisan ini diikut sertakan dalam program onedayonepostingan Blogger Muslimah Indonesia
#ODOPOKT6

You May Also Like

15 komentar

  1. Ngiler saya lihatnya Mbak Rahayu..Kapan-kapan dicoba ah. Semoga nemu kerapunya, soalnya jarang ada di sini

    ReplyDelete
  2. Wah bunda ini bener2 masakan orang padang. Tiada hari pake peses masakannya hihihi

    ReplyDelete
  3. Kayak kata Bu Susi ikan banyak kandungan gizinya :D
    Resepnya mudah dan praktis. Kalau gak nemu kerapu bisa diganti ikan yg lain kyk ikan mas gtu kan mbak? TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, trimakasih kaena telah berkunjung :-)

      Delete
  4. Ikan kerapu, bentuknya seperti apa, ya? Belum pernah nemu ada yang jual di pasar. Tapi kayaknya semua ikan enak ya,dibuat dengan bumbu pedas manis.

    ReplyDelete
  5. Wooo...bolela ni, satu ekor ikan kerapu udah bisa lauk satu keluarga, yakan?

    ReplyDelete
  6. Whuaa ternyata banyak ya manfaatnya.. Nti klo pas ke resto seafood pesan ini ah..

    ReplyDelete
  7. Enaknyaaa..di Surabaya ada di mall..di Tukang sayur mah Susah hiiks..kaya protein hewani ya Kak

    ReplyDelete
  8. Saya kurang pinter kalo masak ikan mbak. Resep ini bisa jadi referensi. Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  9. Selalu bikin ngiler resepnya 😊

    ReplyDelete
  10. Krena sye krg suke mkn ikan. Jadi gak kenal mana yang ikan kerapu kak... Hahah

    ReplyDelete
  11. ikan kerapu bisa diganti ikan lain kan mbak ? disini susah cari kerapu...😔

    ReplyDelete