JURUS JITU AGAR ANAK SUKA SAMBAL

by - 12:45


Buat para Ibu, Bunda, Emaks pernahkah kalian merasa iri dengan ibu-ibu yang nyuapin anaknya makan nasi pake sambal pedas, terus si anak makan dengan lahapnya. Kalau iya berarti jawabnnya sama kek saya, saya juga iri  he … Lalu, jadi bertanya-tanya gimana ya , cara agar anak – anak bisa juga ikut makan sambal. Sebab,  jika anak-anak pada nggak doyan sambal, mau nggak mau, para ibu pasti bikin lauk pauknya dua jenis, untuk orang dewasa dan anak-anak. So pasti, untuk anak-anak yang nggak ada sambalnya. Kalo misalnya lagi masak ayam goreng atau ikan goreng, nggak terlalu ribetlah tinggal misahin dengan yang nggak ada sambalnya. Nah, kalau  timenya pak suami request ikan asin sambal cabe hijau plus pete di tambah lalapan pucuk ubi. Ajiiib,…pak suami bakal kringatan makan sambal cabe hijaunya, apalagi dipadukan dengan bumbu cinta. Semakiiiiin berbunga-bunga hati emak lihat piring pak suami  kinclong walaupun belum di basuh.
Namun, bagaimana dengan anak-anak yang nggak doyan sambal?, ribetkan, mana maulah mereka makan ikan asin apalagi pete. Jadi Emak mau tak mau, membuat dua jenis lauk pauk untuk si kecil juga. Kalua saya sih, paling yaa,  dadar telur buat anak-anak. Eee, tapi yang bikin repot itu, jika silaturahmi dirumah sodara atau teman. Teruss, saat di tawarin makan, nggak mungkin dong kita request lauk pauk pilihan anak-anak tanpa ada sambalnya.
Terkadang, adalagi nih yang paling bikin para emak stress berat adalah soal aksi “GTM” alias Gerakan Tutup Mulut, yang di lakukan anak – anak pada saat akan makan. Ada saja alasan mereka untuk tidak makan nasi, membuat emak pusing tujuh keliling. Barangkali ada hubungannya ya antara doyan sambal dengan yang tidak doyan. Kita yang dewasa aja, kalo makan nggak pake sambal sama sekali pasti hambarkan rasa makannya kita. Begitu juga dengan anak- anak yang nggak doyan sambal, makanya mereka sering pasang aksi  GTM. Anak-anak yang doyan sambal mah, sambal ikan asin lewaat. Lihat adik ipar yang uploud fhoto menu masakannya untuk makan siang, jadi mupeng, karena full sambal lado. Anaknya yang berusia dua tahun doyan sambal habisss.



Gegara itu saya jadi mikir dan nyusun strategi agar ketiga anak-anak saya juga doyan sambal. Biar emaknya ngga revot. Walaupun nggak mesti doyan sambal, yaaah minimal pada lauk pauk ada pedas pedasnya dikitlah. Setelah saya bersemedi, hi hi hi, muncul lah  ide keren untuk menambah kecap manis saat menumis cabe. Agar rasa sambal lado pedas, pedas  manis gitu, supaya anak suka. Rupanya iyess, mereka suka. Untuk tahap awal nggak papa lah, yang penting aksi GTM berkurang.
Adapunkecap favorit kami sekeluarga adalah kecap Bango. Mengapa kecap bango?. namanya emak-emaklah kalo belanja, selain cek harga, saya tuh suka cek komposisi setiap jenis produk makanan yang saya beli. Komposisi kecap bango terdiri dari : gula, air, garam dan kedelai hitam. Jadi kandungan Kecap bango ini murni nabati tanpa tanbahan pengawet dan zat adectif lainnya. Itu tuh yang saya suka dari kecap Bango ini. Di samping itu juga warna kecapnya hitam, buat kita jadi menghemat, apalagi untuk masak nasi goreng atau mie goreng. Tidak perlu tuangkan kecap banyak-banyak dalam kuali agar nasi gorengnya menghitam.  Resep praktis menu sarapan anak – anak sebelum berangkat sekolah, sering saya bikinin nasi atau mie goreng plus kecap bango yang tidak terlupakan.
Tidak hanya sambal lado,mie dan nasi goreng  saja yang pakai tambahan kecap. Banyak kok menu masakan bisa di padu padankan dengan kecap banggo. Saat bikin tempe orak arik, saya menambahkan kecap bango,  semur bakso tahu, semur ayam  juga menggunakan kecap bango. Kecap bango memang oke.

Nah, buat para emak yang sering galau lantaran anaknya sering pasang aksi GTM. Coba ikuti startegi saya dengan menambahkan kecap bango saat menumis sambal cabe.

You May Also Like

4 komentar

  1. Wah, perlu dicoba ini, tumis sambel kasih kecap Bango...noted:) Sambil ngenalin sambel ke anak-anak. Trims, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sejak pake kcap anak-anak lumayan jadi suka sambal

      Delete
  2. boleh juga tipsnya.. bagaimanapun yg namanya anak-anak pasti suka manis... nice share :)

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Kunjungannya