MENIKMATI PESONA EROPA DI ALAHAN PANJANG SUMATERA BARAT

by - 01:28

Saya lahir dan di besarkan di tanah melayu, Kepulauan Riau bernama, sebab  terdiri dari beberapa pulau. Walaupun begitu, saya masih tetap keturunan Minang dan berdarah Minang. Karena itulah di tahun 1999 saya terdampar di asrama putri , Madrasah Aliyah Program Khusus di desa Koto baru Padang Panjang. Letak sekolah kami  sangat strategis di tepi jalan lintas sumatera. Tepat dikaki dua Gunung, Merapi dan Singgalang.
Abu barelang yang keluar dari mulut gunung Merapi, itu sudah jadi hal yang biasa. Karena kami selalu menyaksikannya setiap pagi.  Di sana saya belajar kitab kuning dengan tulisan arab yang tidak berbaris, ditambah padat nya kegiatan asrama. Terkadang sering muncul juga persaan jenuh, apalagi jauh dari keluarga. Jika sedang merasa seperti itu, saya langsung menuju belakang asrama , duduk di tangga menghadap tabek (kolam ikan) sambil  menikmati indahnya pemandangan gunung Singgalang secara dekat. Tampak pula para petani dan hamparan kebun wartel yang berjejer. Sungguh pemandangan itu membuat rindu keluarga terobati.

Udaranya sejuk dan segar, itu sudah pasti.  Bahkan pakaian di lemari pun sering terasa sejuk. Namun nyatanya, Desa Koto Baru tidaklah terlalu dingin, jika di bandingkan dengan dinginnya Alahan Panjang di kabupaten Solok Sumareta Barat. Suhu udara di siang hari saja mencapai 22 – 24 derajat celcius. Jarak tempuh untuk kesana dari Kota Padang Ibu kota provinsi Sumbar, menghabiskan waktu 6 jam perjalanan. Disana kita akan disuguhi, hamparan kebun teh yang memikat. Bunga berwarna-warni berjejer rapi dipekarangan rumah penduduk. Namun bukan itu saja, Di Alahan panjang kita juga bisa melihat  indahnya pemandangan dua danau,  Danau Di Ateh dan Danau Di Bawah. Serta deretan pohon pinus yan berbaris rapi. Ahh .. barangkali kita tak perlu jauh – jauhlah ke Eropa untuk melihat deretan pohon pinus dan merasakan hawa sejuk pegunungan. Cukup melakukan traveling  ke Alahan Panjang. Duduk di tepi danau sambil menikmati  jagung bakar.
Nah, Buat bagi kamu yang sangat ingin, menyaksikan pemandangan hijau berhawa sejuk ala Eropa, bisa mengunakan biro perjalanan kami, berminat wapri yaaa  ada diskon khusus di bulan ini, siap-siap kejutan… ayooo jangan pake nantii




Udaranya sejuk dan segar, itu sudah pasti.  Bahkan pakaian di lemari pun sering terasa sejuk.


You May Also Like

0 komentar