Tips Aman, Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletup

by - 01:44


Sumber : Majalah Online Holiday
Terkadang saat menggoreng ikan, kita sering merasa khawatir karena minyaknya srring meletup-letup dan mengenai tangan. Menggoreng ikan memerlukan teknik khusus agar minyak di penggorengan tidak meletus dan mengenai tangan Anda. Ingin tahu apa tipsnya? berikut tips agar minyak tidak meletus saat menggoreng ikan.


Minyak
Gunakan minyak secukupnya untuk menggoreng ikan. Terlalu banyak minyak justru akan membuatnya semakin mudah meletus-letus saat digoreng. Tetapi ingat, jangan terlalu sedikit pula menggunakan minyak untuk menggoreng ikan karena hal ini dapat mengurangi kadar kerenyahan ikan.

Suhu Penggorengan
Pastikan suhu minyak tidak terlalu panas. Minyak yang terlalu panas justru akan membuatnya lebih mudah meletus-letus. Minyak panas yang bercampur dengan ikan basah akan memudahkan terjadinya letusan-letusan kecil di penggorengan Anda.

Kadar Air
Agar minyak tidak mudah meletus saat menggoreng ikan. Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah kadar minyak dalam ikan ataupun bumbu ikan. Minyak panas yang bercampur dengan air akan mudah mengeluarkan letusan.

Waktu Memasak
Belajar dari resep memasak di recipetips.com alokasi waktu perlu diperhatikan saat memasak/menggoreng  ikan. Demi mendapatkan kadar kematangan ikan yang diinginkan sedangkan di sisi lain Anda tidak ingin minyak di wajan meletus, maka suhu dan waktu menggoreng ikan perlu disesuaikan. Karena suhu yang digunakan rendah, tentu waktu untuk menggoreng akan berlangsung lebih lama dari menggoreng ikan dengan suhu tinggi.

Bumbu Ikan
Bumbu ikan sangat perlu diperhatikan dalam menggoreng ikan. Untuk ikan yang rendah letusan cobalah membumbuinya dengan tepung roti atau tepung kering. Lumuri terlebih dahulu ikan dengan bumbu basah lalu lapisi dengan tepung kering. Tepung kering akan membuat ikan goreng semakin renyah dan kadar airnya dapat terserap sempurna olehnya.

sumber: vemale

You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya