SMS Meminta Maaf Sebelum Lebaran, Perlukah

by - 09:55

Sample ImageSahabat Ummi, hp sering hang menjelang lebaran saking banyaknya kiriman ucapan mohon maaf lahir batin? Sebenarnya SMS Meminta Maaf Sebelum Lebaran, Perlukah dilakukan?
Meminta maaf tentu saja hal baik dan diajarkan dalam agama kita yang mulia. Hadits Rasulullah menyuruh setiap orang yang berbuat zhalim untuk meminta kehalalan dan keridhoan dari orang yang dizolimi adalah sebagai berikut:
"Orang yang pernah menzhalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari dimana tidak ada ada dinar dan dirham. Karena jika orang tersebut memiliki amal shalih, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezhalimannya. Namun jika ia tidak memiliki amal shalih, maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zhalimi” (HR. Bukhari no.2449)
Artinya, meminta maaf terutama kita lakukan pada orang-orang yang pernah kita zhalimi. Bisa jadi orang terdekat kita yang paling banyak interaksi dengan kita, orang tua apalagi, mungkin sering kita abaikan, saudara kandung, teman kerja sekantor, tetangga rumah.
Akan tetapi, perlukah berbasa-basi meminta maaf lahir batin pada orang-orang yang bahkan tidak pernah kita temui atau tak pernah berinteraksi dengan kita? Misalnya orang-orang segrup whats app, bbm, yang tidak kita kenal dan tak kenal kita.

Dikhawatirkan perbuatan mengirim pesan maaf lahir batin pada seluruh daftar nama di hp, termasuk orang-orang yang sebenarnya baru dikenal sekali dua kali, bahkan kita lupa wajahnya, masuk dalam tindakan ghuluw (berlebihan) dalam beragama.
Jika dirasa kita khawatir pernah berbuat salah yang tak disengaja pada orang-orang tersebut, maka pahamilah hadits berikut:
Sesungguhnya Allah telah memaafkan ummatku yang berbuat salah karena tidak sengaja, atau karena lupa, atau karena dipaksa” (HR Ibnu Majah, 1675, Al Baihaqi, 7/356, Ibnu Hazm dalam Al Muhalla, 4/4, di shahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah)
So, fokuslah meminta maaf dengan tulus pada orang-orang terdekat yang benar-benar pernah kita zhalimi disadari ataupun tidak. Mereka lah yang kita perlukan keridhoannya.
Jangan habiskan waktu, pulsa, kuota, apalagi juga dikhawatirkan mengganggu orang lain yang tidak kenal kita karena blasting sms ke semua daftar kontak yang kita punya. Ucapan minta maaf seperti ini kadang terasa bagaikan basa-basi semata.
Wallaahuala.
Foto ilustrasi: google
Sumber Majalah Ummi

You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih Atas Kunjungannya