Seni Berkomentar Yang Benar dalam Dunia Blogging

Blogwalking dan meninggaklan komentar sudah makan sehari-harinya para blogger. Hal itu di lakukan bukan tanpa alasan maupun kurang kerjaan. Blogwalking dan meninggalkan komentar merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan optimasi dan performa SEO pada website kita. Dengan meninggalkan komentar di blog orang atau blog yang berkualitas berarti seorang blogger telah menyematkan/menanamkan link blognya pada berbagai blog sehingga link blognya menjadi familiar dan mudah terindex oleh mesin pencari yaitu  SERP.
Namun komentar yang bagaimana yang sesuai SEO itu. Rupanya, dalam berkomentar kita tidak boleh asal berkomentar, seperti mendekor cake hias butuh ketrampilan khusus  begitu juga dalam berkomentar dalam bloging perlu seni agar bloging tak  jadi garing. Walaupun berkomentar di blog terkesan sepele, bisa saja kita tidak membaca isi artikel tersebut karena mementingkan komentar sehingga kita pun berkomentar seadanya. Berikut cara berkomentar blog  yang benar :
Pertama, Berkomentarlah dengan komentar yang relevan. Mengapa harus relevan. Algoritma google sekarang sudah canggih. Algoritma itu sendiri mengcrawl dan berselancar didunia maya mencari jenis konten, backlink dan sebaginya. Maka berkomentarlah dengan komentar relevan yaitu dengan membaca isi artikel tersebut, mengulasnya minimal tiga kalimat. Hindari berkomentar secara singkat dengan kalimat “Thank ya infonya” dan sebagainya karena komentar di anggap tidak relevan dan juga di anggap spam oleh Google. Tentu saja usaha anda untuk rajin berkomentar di blog orang lain akan sia-sia.
Kedua,  Gunakan teknk backlink yang benar. Maksud disini adalah ketika anda berkomentar. Maka pada blog bawaan blogspot, maka anda mesti mengisi kolom Name/Url. Dengan begitu kita telah menyematkan link blog kita kedalam blog orang lain. Sementara blog bawaan wordprees anda tinggal mengisi kolom Nama, email dan URL Blog anda.
Ketiga, Komentar yang singkat dan tidak relevam akan di anggap spam oleh google, juga blogger yang meninggalkan link hidup juga akan di anggap spam oleh sebab itu disarankan bagi pengguna blog untuk mederisasi blognya agar bisa memilah dan memilih komentar mana yang layak untuk di tampilkan. Kemudian, jika anda tidak menyetel mederisasi blog, anda cukup menghapus komentar singkat yang  di anggap spam karena itu akan berbahaya bagi blog anda. ]
Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.



Photo : Pixabay



12 komentar

Silahkan tinggalkan komentar di blog ini. Terimakasih